Minggu, 20 Februari 2011

Akhirnya Aku Tertambat di Kota Juang [Kabupaten Melawi - Kalimantan Barat]

Tugu Juang - Kabupaten Melawi
S
udah hampir 5 [lima] tahun hidup-ku mengarungi bumi Borneo ini. Pertama kali menginjakkan kaki terasa begitu berbeda, bertemu dengan sungai-sungai besar yang mengular serta genangan air di atas rawa-rawa adalah pemandangan yang biasa terlihat ketika menyusuri jalan propinsi ke arah timur. Yaahh.., begitulah suasana pertama kali kulihat di tanah seberang yang bernama Kalimantan Barat.

Aku tak pernah menyangka, setelah datang kesini, aku justru tertarik untuk mengabdikan diri sebagai guru, yaa sebagai guru. Dengan bekal yang kudapatkan di bangku SMA dulu, aku dipercaya untuk membimbing sebagian anak-anak Borneo sebagai guru matematika. Entah kenapa, itu juga yang jadi pilihanku, yang sangat berbeda dengan basic pendidikan sarjana yang kudapatkan di Jogjakarta. Terus terang aku memiliki basic pendidikan sebagai sarjana kehutanan, tapi aku, pengelola sekolahku dan anak-anak didik-ku percaya dengan apa yang aku ajarkan selama ini, yaitu tentang Matematika.

Dalam hampir 5 tahun aku disini, sebagian besar aku abdikan diriku untuk membimbing anak didik-ku. Namun dalam perjalanan waktu, aku pernah keluar dari sekolah dan kembali dalam duniaku, dunia kehutanan. Aku pernah bekerja di PT. Finnantara Intiga - Sintang dan PT. Bumi Mekar Hijau - Sambas kurang lebih selama 1 tahun. Namun pada akhirnya aku kembali lagi mengabdikan diriku sebagai guru matematika lagi.

Yahhh.., banyak kenangan yang aku dapatkan ketika menjadi seorang guru, aku mendapatkan banyak teman dan banyak ilmu. Dan pada akhirnya pada tanggal 20 Desember 2010, takdirku mengatakan aku bakal hidup di bumi Borneo ini disisa hidupku, karena aku harus mengabdikan diriku di Dinas Kehutanan Kabupaten Melawi. Mungkin.., sampai disinilah pengabdian diriku sebagai guru akan berakhir. Tapi.., jujur, aku masih ingin mengabdikan diriku sebagai guru...

Namun dalam anganku, terasa tidak percaya aku bakal hidup disini. Tapi inilah pilihan hidup yang memang harus aku jalani dan aku harus tetap bertahan hidup untuk terus mengabdikan diriku pada bumi ini...

Semangat...!!!

4 komentar:

  1. wahh....tugas di melawi neh...
    selamat membangun melawi....

    BalasHapus
  2. @ratnanet
    OK..
    Thanks, n jangan lupa sering-sering singgah di blog-ku yaaa, hehe5..

    BalasHapus
  3. Wah guru toh ceritane iki, mas,,,
    Selamat ya mas, saya dengar udah diterima cpns di kalimantan barat sana,,
    Terus semangat mas, chaiyo,, hihihi,,,,,

    BalasHapus
  4. @dewi
    Iya Wik, hehe5..
    Terima kasih ya atas ucapan dan semangatnya..
    Btw, skrg posisi dimana ne..???
    Kalo ada waktu mampir lah kemari..

    BalasHapus


Facebook Comment Box : "Silahkan berikan komentar Anda mengenai tampilan dan isi blog saya ini untuk membangun blog ini jadi lebih baik lagi . . ."