Kamis, 03 Maret 2011

Membuat Blog Dengan Domain Blogspot [Gratis]

K
emarin, waktu lagi chat ada salah satu anak didik saya bertanya mengenai bagaimana membuat sebuah blog, contohnya seperti blog saya ini yang memakai domain blogspot [mumpung gratisan nih, hehe5..]. Dia tuh pengen banget punya blog sendiri, soalnya di sekolah hanya teorinya saja yang diajarkan. Yaahh, akhirnya saya pun mau nggak mau yo ngajari dia dunk, hehe5..

Setelah kejadian itu terbesit pertanyaan dalam hati saya, "bagaimana kalo saya tulis tutorial bikin blog pake domain blogspot aja ya??". Dan akhirnya aku wujudkan deh ide itu di postingan kali ini. Yahh, sapa tau postingan ini juga bermanfaat bagi temen-teman lainnya yang kebetulan lagi lewat trus singgah dan baca tulisan ini [syukur kalo ada yang mau gabung di blog ku ini juga, hehe5..].

Oke lah, sepertinya gak usah basa-basi lagi deh. Untuk lebih jelasnya Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut tentang gimana cara membuat blog pada domain blogspot ini :

1.
Silahkan Anda buka dulu domain blogspot ini

2.
Kemudian klik Buat Blog
 
Langkah Pertama

3. Membuat akun google
. Proses ini akan menciptakan akun Google. Jika Anda sudah memiliki sebuah akun Google Anda tinggal sign in doang dan isi semua data dengan benar, ingat centang bagian penerimaan persyaratan yang ada di bagian bawah. Setelah itu klik lanjutkan.
 
Langkah Kedua

4.
Memberikan judul dan alamat blog yang sobat buat. Menurut saya di sini adalah bagian yang penting, Anda harus memilih judul atau nama yang pas atau menarik untuk blog Anda, dan saran saya untuk judul dan alamat buat yang simple dan gampang diingat. Contohnya seperti blog saya ini dengan menggunakan nama lengkap saya, hehe5.. Setelah terisi semua kolomnya, kemudian klik lanjutkan.
 
Langkah Ketiga

5. Memilih template / tampilan blog.
Untuk awal Anda akan diberikan beberapa template atau tema secara default. Tenang saja, nanti design blognya bisa diubah kok dan banyak situs yang menyediakan free download template blog [seperti halnya situs berikut : http://blogtemplate4u.com]. Setelah memilih klik lanjutkan.
 
Finish

6. Setelah semua langkah awal pembuatan selesai,
 sekarang Anda siap untuk memulai bloging.

Itu baru tahapan awal, untuk mengetahui atau mengenal seluk-beluk dalaman blogspot saya akan jelaskan pada postingan berikutnya, hehe5..

Sekian dulu yaa.., tunggu postingan saya selanjutnya, key..



0 comments:

Blogger Comments : "Silahkan berikan komentar Anda mengenai tulisan saya pada kotak komentar di bawah ini . . ."


Facebook Comment Box : "Silahkan berikan komentar Anda mengenai tampilan dan isi blog saya ini untuk membangun blog ini jadi lebih baik lagi . . ."