Kamis, 17 Maret 2011

1 + 3 = 5 [ Kok Bisa Yaa... ]

K
ita tahu bahwa matematika adalah ilmu pasti. Kita tahu bahwa 1+1=2 itu benar dan saya yakin kita semua sepakat dan tidak ada yang menyangkalnya. Tapi bagaimana mungkin 1+3=5 bisa terjadi..?? Percayakah Anda..??? Ingat, apapun di dunia ini bisa terjadi, bro.. hehe5..

Masih penasaran?? hhmmm.., baiklah sebelum kita membahas keganjilan pernyataan di atas, alangkah baiknya kita telusuri bagaimana cara mendapatkan 1+3=5.

Pertama, kita misalkan :
A = 4
B = 1
C = 5

Kemudian proses berikutnya adalah sebagai berikut :


B
B(C–A)
BC–BA
BC–BA–A2
AC+BC–BA–A2
AC–BA–A2
AC–BA–A2
A (C–B–A)
A
4
1 + 3

=
=
=
=
=
=
=
=
=
=
 =

C–A
(C–A)2
C2–2AC+A2
C2–2AC
C2–AC
C2–AC–BC
C2–BC–AC
C (C–B–A)
C
5
5


Kedua ruas dikalikan dengan (C–A)
Jabarkan kedua ruas
Kedua ruas dikurangkan dengan A2
Kedua ruas ditambah AC
Kedua ruas dikurang BC

Kedua ruas difaktorkan dan dibagi dengan (C–B–A)





Apakah ada yang janggal dengan proses di atas ???
Padahal sekilas kita melihat proses perhitungan aljabarnya juga sudah benar. Namun apakah Anda yakin bahwa perhitungan aljabar di atas sudah 100% benar ?? Lalu, di manakah letak kejanggalannya ya...??

Oke.., sebenarnya sangat mudah ditelusuri kok letak kejanggalannya, terutama bagi Anda yang gemar matematika. Pasti Anda sudah tahu akal-akalan dari trik ini. Coba Anda perhatikan langkah pada baris ke-7 dari proses di atas. Coba kita hitung kembali C-B-A dengan mensubstitusikan kembali A=4, B=1, dan C=5, sehingga diperoleh :

C-B-A = 5-1-4 = 0

Ternyata hasil dari C-B-A sama dengan 0. Lalu maksudnya apa??
Masihkah Anda ingat pelajaran SMP dulu ?? Apakah 0 dibagi dengan 0 hasilnya adalah 1 ??? Itu ngawur namanya.. Anda harusnya tahu bahwa 0 dibagi dengan 0 hasilnya adalah Tidak Terhingga atau Tidak Terdefinisi.

Nah, klo sudah tahu hasilnya adalah tidak terdefinisi maka jangan berani-beraninya Anda coret ke-2 ruas tadi , karena sudah pasti jawabannya akan salah. Namun, kalo hasil dari C-B-A tidak sama dengan 0 (nol), tidak jadi masalah kalau mau dicoret atau membagi ke-2 ruas dengan C-B-A.

Nah, sekarang bagaimana, apakah Anda sudah mengerti..???
Ini adalah salah satu trik matematika yang sifatnya hanya sebuah "joke" saja dan diragukan kebenarannya. Namun, trik ini bisa kita gunakan untuk main tebak-tebakan yang tentu saja bakal membuat mereka penasaran dengan menganggap ini adalah sebuah trik sulap beneran, hehe5..
Saya yakin, bagi orang awam atau orang yang malas dengan matematika akan percaya deh dengan trik ini. Bisa dibuktikan kok..!! hehe5..


Selamat mencoba..






0 comments:

Blogger Comments : "Silahkan berikan komentar Anda mengenai tulisan saya pada kotak komentar di bawah ini . . ."


Facebook Comment Box : "Silahkan berikan komentar Anda mengenai tampilan dan isi blog saya ini untuk membangun blog ini jadi lebih baik lagi . . ."