Minggu, 06 Maret 2011

Koneksi 2 PC Hanya Dengan Kabel UTP Cat 5e

T
adi ada teman saya [kakak kelas SMA dulu] menanyakan tentang gimana cara menyambung/koneksikan 2 komputer dengan kabel online? Dulunya pun saya pernah berpikir mengenai hal itu dan saya coba, ternyata berhasil. Nah, dari situlah akhirnya muncul artikel ini berkat pertanyaan tadi, hehe5..

Mungkin Anda yang awam dengan dunia jaringan bertanya-tanya, kenapa ya 2 komputer atau lebih bisa dikoneksikan secara bersama-sama, contohnya seperti yang ada di warnet-warnet gitu deh. Tapi sekarang ini sudah ada kok yang lebih simple untuk yambung-nyambung kayak gitu, yahh hanya dengan menggunakan USB WLan kita bisa koneksikan 2 komputer. Tapi untuk yang WLan tentunya butuh biaya yang lumayan, maka dari itu untuk mengurangi pembengkakan uang saku Anda, gak ada salahnya toh cuma bermodalkan seutas kabel UTP Cat 5e doang yang bakal digunakan sebagai kabel crossing, hihi5..

Oke deh, kayaknya dari tadi "nrocos" [ngomong, membual - red] terus ne, gak jelas mau dibawa kemana cerita ini, hehe5.. Sebelum saya melanjutkan ceritanya, alangkah baiknya Anda persiapkan beberapa perlengkapan berikut ini :
  • Tang Crimping
  • Kabel UTP Cat 5e
  • 2 buah Connector RJ 45
  • 2 buah PC

Adapun langkah-langkah pembuatan sistem koneksi 2 PC adalah sebagai berikut :

[ Langkah Pertama ]

Lepaskan shield kabel ( pelindung kabel yang biasanya berwarna abu -abu ) sepanjang 2 cm, dengan memotong shield tersebut menggunakan tang Crimping, kemudian luruskan kabel yang berwarna-warni tersebut, kemudian urutkan kabel berdasarkan pewarnaannya di salah satu ujung kabel UTP tersebut. Urutannya adalah sebagai berikut :


Ini adalah urutan kabel straight, sehingga untuk ujung kabel yang lain urutan pewarnaan kabel tersebut harus berbeda dengan urutan ujung kabel straight ini, inilah yang dinamakan dengan kabel cross, urutan ujung kabel cross adalah seperti ini :


Sehingga di kedua ujung kabel tersebut memiliki urutan warna yang berbeda satu sama lainnya.


Urutan lengkapnya seperti terlihat pada tabel di bawah ini :



[ Langkah Kedua ]

Persiapan koneksi 2 PC

Di windows untuk melakukan koneksi 2 PC sama halnya dengan mengkoneksikan PC dengan topologi jaringan yang sering  kita temui, biasanya topologi jaringan itu adalah star dimana pada pertengahannya biasa ditemui menggunakan hub ataupun switch. Hal yang harus dilakukan untuk mengkoneksikan kedua PC di windows adalah sebagai berikut :


Pada PC Pertama, masuk ke network connection di control panel  : 

Start menu | run | control panel 

Setelah itu masuk ke bagian Network Connections
Kemudian pilih Local Area Network Connection .


Kemudian klik kanan Local Area Network Connection, lalu pilih Properties.


Di kotak dialog Local Area Network Connection Properties, di bagian tab General pilih Internet Protocol ( TCP/IP ) Kemudian Klik Properties.


Setelah itu masukkan IP Address-nya : 192.168.1.2, kemudian Subnet mask-nya : 255.255.255.0


Setelah itu klik OK, kemudian Close.

Nah untuk PC yang kedua tahapnya sama dengan yang di atas, namun alamat IP Address-nya berbeda dengan PC yang sebelumnya, anda dapat mengisinya dengan IP 192.168.1.1 atau dengan IP 192.168.1.x  yang lain, terserah anda. Dengan catatan Subnet mask-nya harus sama dengan PC yang pertama yakni 255.255.255.0

Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi network setup wizard untuk kedua PC tersebut, agar keduanya dapat saling terhubung sebagai satu workgroup. 

Setelah selesai, lakukan ping dari salah satu PC tersebut ke PC lainnya. Jika tampilannya seperti yang terlihat di bawah ini maka PC anda telah terhubung satu sama lainnya.

C:Documents and SettingsAl-k>ping 192.168.1.1

Pinging 192.168.1.1 with 32 bytes of data:
Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time<1ms TTL=128
Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time<1ms TTL=128
Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time<1ms TTL=128
Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time<1ms TTL=128
Ping statistics for 192.168.1.1:
    Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
    Minimum = 0ms, Maximum = 0ms, Average = 0ms
 
Oke.., mudah-mudahan artikel kali ini bermanfaat terutama bagi Anda yang baru belajar mengenai jaringan komputer.

Selamat mencoba..!!


0 comments:

Blogger Comments : "Silahkan berikan komentar Anda mengenai tulisan saya pada kotak komentar di bawah ini . . ."


Facebook Comment Box : "Silahkan berikan komentar Anda mengenai tampilan dan isi blog saya ini untuk membangun blog ini jadi lebih baik lagi . . ."