Kamis, 09 Juni 2011

Memasang Kotak Komentar Facebook Dengan Fitur Reply Pada Blogspot

F
acebook memang tidak ada matinya. Benar saja, facebook ternyata terus mengembangkan plugin sosial yang disinergikan dengan keberadaan web atau blog. Salah satunya adalah mengembangkan kotak komentar facebook dengan fitur reply yang bisa dipasang di template blog kita. Sebagai contoh, Anda bisa lihat penerapan plugin kotak komentar facebook di blog saya ini : http://talipati.blogspot.com. Bagaimana menarik bukan..??

Penggunaan kotak komentar facebook dengan fitur reply ini banyak manfaat yang bisa didapat bagi kita sebagai penggila dunia maya. Salah satunya ya mencoba memberikan ruang bagi para pembaca blog kita untuk mengomentari artikel di blog kita lewat akun facebook. Hhmm.. lebih menariknya lagi, kotak komentar facebook ini memiliki fitur reply yang akan memberikan kenyamanan bagi pembacanya untuk saling balas komentar. Inilah nilai plus yang dimiliki kotak komentar facebook ini. Dan bagi si empunya blog, kotak komentar ini bisa disetting sesuai dengan keinginannya, karena terdapat ruang moderasi untuk setiap komentar yang masuk. Artinya, si empunya blog bisa menyaring mana komentar yang mau ditampilkan dan mana yang tidak. Yahh, boleh dibilang inilah ruang "hak siar" bagi pemilik blog, hehe5..

Ahh, sepertinya pengantar di atas sudah terlalu banyak saya ngomong, hehe5.. Langsung aja deh kita ke pokok bahasan, gimana memasang kotak komentar facebook dengan fitur reply ini ke dalam blog kita. Berikut langkah-langkahnya :

[1]. Login dulu ke Blogger

[2]. Kemudian masuk ke "Rancangan" dan klik "Edit HTML"

[3]. Silahkan Anda cari kode berikut ini <data:post.body/>, kemudian copas script di bawah ini persis di bawah kode tadi. (catatan : jika Anda telah menggunakan readmore, tentunya kode <data:post.body/> ada dua, maka dari itu silahkan letakkan script di bawah setelah kode <data:post.body/> yang kedua.
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div id="fb-root"></div><script src="http://connect.facebook.net/en_US/all.js#appId=ISIKAN ID APP ANDA DISINI&amp;xfbml=1"></script><fb:comments expr:href='data:post.url' numposts='5' width='600'/>
</b:if>
Silahkan Anda ganti kata "ISIKAN ID APP ANDA DISINI" dengan ID App Anda. Jika Anda belum memiliki ID App silahkan daftar terlebih dahulu di : http://developers.facebook.com/setup

[4]. Cari kode berikut ini <b:skin><![CDATA[/, kemudian letakkan script di bawah ini di atas kode tadi.
<meta content='ID Profile Anda' property='fb:admins'/>
<meta content='ID App Anda' property='fb:app_id'/>
ID Profile Anda, bisa Anda dapatkan di halaman profil Anda. Silahkan klik tab Profile Facebook Anda, kemudian perhatikan URL yang tertera di address bar, contohnya : http://www.facebook.com/profile.php?id=100000095143813 dan 100000095143813 adalah ID Profile Anda.

[5]. Simpan Template

Setelah Anda selesai memasang kotak komentar facebook tersebut, silahkan Anda cek terlebih dahulu dengan membuka salah satu postingan Anda. Crriiiinnggg... Selamat Anda telah berhasil! hehe5..

Sementara sekian dulu postingan kali ini. Nah, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis pertanyaan Anda di kotak komentar di bawah ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..


2 komentar:

  1. thank U bro 4 Ur a nice info...good blog..

    BalasHapus
  2. @ yusuf rahmat
    Oke mas..
    Silahkan dicoba yaa n semoga bermanfaat infonya, hehe5..

    BalasHapus


Facebook Comment Box : "Silahkan berikan komentar Anda mengenai tampilan dan isi blog saya ini untuk membangun blog ini jadi lebih baik lagi . . ."