Kamis, 23 Juni 2011

Konversi Dokumen Hasil Scan Menjadi File Word

K
ira-kira seminggu lalu, saya ditanya teman apa ada software yang bisa melakukan konversi dari dokumen hasil scan menjadi file Word? Proses ini disebut Rekognisi Karakter Optik atau pengenalan huruf optik (lebih populer dalam istilah bahasa Inggris, optical character recognition, yang biasa disingkat OCR). Saya bilang ada, tapi bukan free software. Sebagai alternative, saya menawarkan layanan OCR gratis secara online yang disediakan oleh i2OCR.

i2OCR adalah layanan online gratis yang dapat mengkonversi dokumen hasil scan atau gambar ke dalam dokumen word yang selanjutnya dapat diedit oleh pengguna. OCR online gratis ini tidak membutuhkan pendaftaran untuk menggunakannya, dan mendukung Multi-Kolom dokumen scan untuk pengenalan karakter yang tersedia dalam 33 bahasa termasuk diantaranya Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman, Italia, Rusia, Portugis, dan Cina.

Layanan OCR online gratis ini mendukung format gambar seperti TIF, JPEG, PNG, BMP, PPM, PBM, PGM. Anda dapat meng-upload gambar hingga maximal 10 MB. Untuk pengenalan karakter teks yang lebih baik, gambar yang Anda upload harus minimal 200 dpi. Anda dapat menyalin teks hasil konversi ke dalam notepad atau download sebagai file Word.

Sumber : i2OCR Online

4 komentar:

  1. @ Dhila
    Oke..
    matur nuwun dah singgah mbak, semoga infonya bermanfaat..

    BalasHapus
  2. untuk software yang free ada g y?

    BalasHapus
  3. @ info lowongan kerja
    Ada kok mas, yaitu OCR Software-Transym dan Free OCR 3.0. Jika ingin download silahkan Anda searching aja di mbah google, hehe5..

    BalasHapus


Facebook Comment Box : "Silahkan berikan komentar Anda mengenai tampilan dan isi blog saya ini untuk membangun blog ini jadi lebih baik lagi . . ."