Selasa, 26 April 2011

Antara Aku dan Barcelona

B
arcelona..?? Hhmm.. siapa yang tidak tahu..? Saya yakin, semua orang yang membaca tulisan saya ini mengenal Barcelona, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki rasa fanatik yang mendalam akan dunia sepak bola. Barcelona merupakan salah satu klub terbaik di dunia saat ini, dimana didalamnya memiliki tim dengan materi pemain yang mumpuni dan sistem permainan yang atraktif sekaligus offensif. Trus.., apa hubungannya saya dengan Barcelona?? Hhmm.. penasaran yaa..?? Hehe5.. Disinilah saya akan bercerita mengenai saya dan Barcelona.

Harus saya akui bahwa Barcelona adalah tim favorit saya dari pertama saya mengenal lebih dalam akan dunia sepak bola. Masih ingat dengan lagu "Barcelona" yang dinyanyikan oleh Ona Sutra..?? Lagu dangdut itu lho, hehe5.. Saking terkenalnya Barcelona sampai jadi judul lagu. Tapi saya kagum dengan Barcelona bukan gara-gara lagu itu lho yaa..? Awas kalau Anda salah tafsir, ntar saya jitak lo..!! Hihi5..

Kekaguman saya akan Barcelona berawal saat final Liga Champion tahun 2005, dimana Barcelona menang atas Arsenal yang waktu itu masih diperkuat oleh Tierry Henry. Melihat cara bermain menyerang lawan secara menakjubkan dengan diiringi tarian tiki taka khas Spanyol seolah menyihir saya dan membuat saya jadi penasaran dengan Barcelona. Dan sampai sekarang, kesan pertama itu tidak pernah hilang dari ingatan saya.

Banyak hal yang saya idam-idamkan dari Barcelona yang ternyata telah membuat saya bersemangat. Pertama, tim dengan filosofi bermain menyerang benar-benar telah mendarah daging dalam diri setiap pemain Barcelona. Setiap bermain, tidak pernah menerapkan gaya bertahan, siapa pun lawannya, Barcelona akan tetap menyerang. Seperti yang dibilang Josep "Pep" Guardiola yang mengatakan "Dalam diri tim Barcelona, pertahanan yang paling baik adalah menyerang". Hhmmm.. Hal ini lah yang menginspirasi saya, bahwa setiap orang harus memiliki dan mempertahankan filosofi hidupnya. Ketika kita memegang filosofi hidup kita, maka selama itu, kita akan menjadi diri kita sendiri. Kita harus tetap konsisten dan optimis dengan cara pandang kita sendiri, karena itu akan membuat kita lebih percaya diri dan lepas dari sikap skeptis dan berfikir negatif.

Kedua, Barcelona adalah tim pertama yang mampu menyabet semua gelar kompetisi dalam satu musim, yaitu sebanyak 6 gelar juara. Tak hayal, setelah menyabet 6 titel juara sekaligus, maka Barcelona sangatlah pantas disebut tim terbaik di dunia. Tak hanya itu, di dalam diri Barcelona pun tercipta banyak rekor mengesankan diantaranya terdapat pemain terbaik Leonel Messi selama dua tahun terakhir dan juga pencetak gol terbanyak selama satu musim di semua kompetisi dalam sejarah sepak bola. Nah dari segi prestasi inilah yang membuat saya kepengen untuk jadi yang lebih baik, terlebih yang terbaik. Dalam artian bahwa kita dituntut untuk memiliki mimpi untuk jadi yang terbaik. Kita dituntut untuk memiliki mimpi yang tinggi, karena mimpi adalah sebuah rencana besar yang bisa kita capai. Dari sinilah akan muncul keyakinan dalam diri kita bahwa kita sebenarnya bisa, kita mampu menggapai mimpi itu seperti yang dilakukan Messi dan kawan-kawan untuk jadi yang terbaik.

Ketiga, yang saya suka dalam diri tim Barcelonaadalah terdapat sosok-sosok pemain dan pelatih yang memiliki sifat rendah hati, tidak congkak, sederhana, serta menilai sesuatu yang tidak berlebihan. Siapa yang tidak kenal Leonel Messi?? Biarpun menjadi pemain terbaik dunia selama dua tahun terakhir tidak pernah menyombongkan diri ataupun angkuh serta egois. Bahkan dalam setiap dia mencetak gol, selebrasinya hanya mengangkat kedua jari telunjuk dengan menunjuk ke arah langit yang memiliki arti bahwa seorang Messi masih menghargai dan mempersembahkan apa yang dilakukannya untuk leluhur dia. Dan jika saya mengartikan lebih dalam, bahwa apa yang dilakukannya mengingatkan kita akan Sang Pencipta sebagai tanda syukur. Belum lagi sang pelatih Pep Guardiola yang sangat rendah hati dan mampu menghargai lawan tandingnya biarpun di saat kalah. Hhmmm.. banyak sosok yang bisa saya jadikan panutan.

Tiga hal itu lah yang menurut saya menjadi pembeda antara Barcelona dengan klub-klub lainnya. Dan hanya Barcelona lah yang menjadi acuan saya, menjadi motivator saya, menjadi klub satu-satunya yang saya kagumi. Tidak peduli di saat bermain itu menang atau kalah, yang pasti Barcelona tetaplah Barcelona yang kukenal, yaitu menyerang. Dan Itu lah kenapa dalam tulisan saya ini saya beri judul "Antara Aku dan Barcelona". Jadi.. sudah terjawab kan rasa penasaran Anda, hehe5..




0 comments:

Blogger Comments : "Silahkan berikan komentar Anda mengenai tulisan saya pada kotak komentar di bawah ini . . ."


Facebook Comment Box : "Silahkan berikan komentar Anda mengenai tampilan dan isi blog saya ini untuk membangun blog ini jadi lebih baik lagi . . ."